Blog Archive

Proses Mekanisme Jalannya Penghantaran Impuls Melalui Sel Syaraf dan Sinapsis Lengkap

Proses Mekanisme Jalannya Penghantaran Impuls Melalui Sel Syaraf dan Sinapsis Lengkap - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang proses penghantaran impuls melalui sel syaraf, proses penghantaran impuls lewat sinapsis. Sebelumnya perlu kamu ketahui terlebih dahulu apa itu impuls ?. Pengertian impuls adalah rangsangan atau pesan yang diterima oleh reseptor dari lingkungan luar, kemudian dibawa oleh neuron. Impuls juga dikatakan serangkaian pulsa elektrik yang menjalari serabut saraf. Impuls yang diterima oleh reseptor kemudian di sampaikan ke efektor yang menyebabkan terjadinya gerakan atau perubahan pada efektor. Gerakan tersebut adalah gerak sadar dan gerak refleks.

Gerak sadar adalah gerak yang terjadi karena disadari atau disengaja. Alur atau mekanisme gerak sadar adalah mulai dari impuls-Reseptor-indera-Saraf sensorik-otak-saraf motorik-efektor/otot. Sedangkan Gerak refleks adalah gerak yang tidak disengaja atau tidak disadari. Alur atau mekanisme gerak refleks adalah impuls-reseptor/indera-saraf sensorik-sumsum tulang belakang-saraf motorik-efektor/otot.

Proses Mekanisme Penghantaran Impuls

Sebagai jaringan komunikasi, tentunya saraf memiliki mekanisme khusus tentang cara meneruskan impuls. Proses mekanisme jalannya penghantaran impuls saraf dibagi lewat 2 jalan, yaitu sebagai berikut:

1. Impuls Dihantarkan Melalui Sel Saraf 


Proses penghantaran impuls melalui sel syaraf
Proses penghantaran impuls melalui sel syaraf

Impuls dapat diteruskan dan mengalir melalui sel saraf yang disebabkan adanya perbedaan potensial listrik yang dinamakan polarisasi. Muatan listrik di luar membran sel saraf adalah posifit sedang muatan yang diluar adalah negatif. Apabila sel saraf diberi dengan rangsangan akan mengakibatkan polarisasi membran berubah, sehingga polarisasi akan mengalami pembalikan. Proses pembalikan akan diulang yang menyebabkan rantai reaksi
   
2. Impuls Dihantarkan Lewat Sinapsis 

Proses Penghantaran impuls lewat sinapis
Proses Penghantaran impuls lewat sinapis

Apabila impuls mengenai tombol sinaps, maka permeabilitas membran prasinapsis terhadap ion kalsium menjadi meningkat. Ion kalsium kemudian akan masuk, sedangkan gelembung sinapsis akan melepaskan neutransmitter ke celah sinaps. Gelembung sinaps melebur dengan membran prasinaps. Impuls sampai ke membran postsinaps karena dibawah neutransmitter, kemudian neutrotransmitter dihidrolisis oleh enzim yang dihasilkan oleh membran postsinaps.

Demikianlah pembahasan tentang proses penghantarn impuls melalui sel syaraf dan sinapsis. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+