Blog Archive

Ciri-Ciri Bakteri Terlengkap

Ciri-Ciri Bakteri Terlengkap - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang sejarah penemuan bakteri, ciri-ciri bakteri lengkap. Bakteri adalah organisme prokariota uniseluler yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop. Bakteri ada di sekitar kita dan dalam tubuh kita. Bakteri berasal dari istilah kata Bakterion. Bakterion adalah batang kecil. Dimana pada umumnya bakteri mempunyai dinding sel namun tidak berklorofil.

Ciri-Ciri Bakteri Secara Umum
Ciri-Ciri Bakteri Secara Umum

Dalam Sejarah penemuan bakteri, bakteri ditemukan oleh Antony van Leeuwenhoek yang pertama kali pada tahun 1674. Antony van Leeuwehoek adalah seorang ilmuwan yang berasal dari negera Belanda. Antony van leeuwehoek tidak hanya penemu bakteri namun juga penemu mikroskop lensa tunggal. Dalam pemberian nama bakteri adalah Ehrenberg dengan istilah bakteri yang diperkenalkan pada tahun 1828.  Ilmu yang mempelajari tentang bakteri adalah Bakteriologi.

Ciri-Ciri Bakteri


Secara umum ciri-ciri bakteri adalah sebagai berikut:

- Organisme prokariota (tidak memiliki membran inti sel) dan uniseluler (bersel satu)
- Pada umumnya bakteri berukuran sekitar 0,5 um. dan ada juga yang dapat berukuran lebih yaitu sekitar 10-100 um. Contoh bakteri berukuran besar adalah Epulopiscium fishelsoni (kurang lebih 0,5 mm), dan Thiomargarita (kurang lebih 0.75 mm),  sedangkan bakteri yang berukuran kecil adalah Mycoplasma (kurang lebih 0.12 um).
- Pada umumnya tidak berklorofil
- Bentuk-bentuk sel bervariasi seperti basil (batang), kokus (bola), spirilum (spiral), kokobasil (bulat dan batang), dan Vibrio (tanda baca koma)
- Pada dinding sel bakteri tersusun atas mukopolisakarida dan peptidoglikan. Peptodoglikan terdiri dari polimer besar yang tersusun atas N-asetil glukosamin dan N-asetil muramat yang saling berikatan kovalen.
- Sel bakteri memiliki kemampuan dengan dapat mensekresikan lendir ke permukaan dinding sel dalam membentuk kapsul yang berfungsi sebagai perlindungan.
- Bakteri hidup dengan bebas atau parasit
- Membran sitoplasma terdiri atas 8-10% fospolipid dan protein.
- Dalam kondisi yang tidak menguntungkan, bakteri akan membentuk endospora dengan fungsi perlindungan bakteri terhadap panas dan ganguan alam
- Bakteri ada yang bergerak dengan flagela dan ada juga yang bergerak dengan berguling (tanpa flagela).
- Dalam dinding sel bakteri tidak mengandung peptidoglikan yang hidup pada lingkungan buruk (ektrim) seperti air panas, kawah, gambut. Sedangkan bakteri yang mengandung peptidoglikan adalah bakteri yang hidupnya kosmolipit.

Baca juga:
Jenis-Jenis/Macam-Macam Bakteri dan Contohnya Lengkap

Demikianlah pembahasan tentang sejarah penemuan bakteri dan ciri-ciri bakteri lengkap. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+