Blog Archive

Ciri-Ciri, Cara Reproduksi Zygomycota Lengkap Dengan Contohnya

Ciri-Ciri, Cara Reproduksi Zygomycota Lengkap Dengan Contohnya - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang apa itu Zygomycota, pengertian Zygomycota, cara hidup Zygomycota, cara reproduksi Zygomycota, contoh Zygomycota. Zygomycota adalah kelompok jamur atau fungi yang dalam reproduksiny menghasilkan zigospora. Zigospora adalah spora yang tidak berflagela.

Zygomycota terdiri atas hifa yang tak bersekat dengan memiliki banyak inti sel. Septa hanya terdapat pada sel untuk reproduksi. Dinding sel Zygomycota mengandung zat kitin. Zygomycota tidak memiliki tubuh buah.  Beberapa dari hifa berdiri tegak dan membentuk sporangiofor. Dari ujung sporangiofor terbentuk sporangium yang memiliki bentuk bulat dan didalam sporangium terdapat spora aseksual. Pada sporangium yang sudah tua akan berwarna kehitaman.

Zygomycota dapat membentuk alat reproduksi secara seksual yang berupa zigosporangium dengan dinding tebal sehingga dapat tahan dengan kondisi kering atau pada lingkungan yang buruk. Zigosporangium secara metabolis tidak aktif sehingga dapat tahan pada kondisi beku dan kering. Akan tetapi, setelah kondisi lingkungan membaik, maka sporangium yang mengandung zigospora akan berkecambah dengan menghasilkan sporangium yang didalamnya terdapat spora seksual. Jamur Rhizopus sp. memiliki rizoid dengan fungsi yang menyerap nutrisi dan hifa horizontal yang disebut dengan stolon.

Cara Hidup Zygomycota


Cara hidup Zygomycota sebagian besar dalam saproba (pengurai) di tanah, pada sisa-sisa organisme yang sudah mati atau sudah membusuk, dan makanan seperti tempe, nasi dan roti. Beberapa dari jenis Zygomycota hidup dengan bersimbiosis mutualisme pada akar tumbuhan dengan membentuk mikoriza. Hubungan simbiosis mutualisme Zygomycota dengan tumbuhan adalah Zygomycota akan memperoleh nutrisi yang berupa zat organik yang berasal dari inang tumbuhan, sedangkan akar tumbuhan inang dapat meningkatkan penyerapan air dan mineral yang berasal dari dalam tanah. Ada juga jenis jamur Zygomycota hidup parasit yang menyebabkan penyakit, seperti jamur penyebab pembusukan pada tanaman ubi-ubian.

Cara Reproduksi Zygomycota


Cara reproduksi Zygomycota ada 2 cara yaitu reproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi yang dilakukan secara aseksual terjadi bila kondisi lingkungan baik dan mendukung, sedangkan pada reproduksi yang dilakukan secara seksual terjadi pada kondisi lingkungan yang kering dan tidak menguntungkan.

Cara Reproduksi Zygomycota
Cara Reproduksi Zygomycota

1. Reproduksi Aseksual Zygomycota : Zygomycota bereproduksi secara aseksual adalah dilakukan dengan cara fragmentasi hifa dan pembentukan spora aseksual (sporangiospora). Hifa dewasa yang terputus dan juga terpisah dapat tumbuh menjadi sebuah hifa jamur baru. Pada bagian hifa tertentu yang sudah dewasa akan terbentuk sporangiofor yang ujungnya terdapat sporangium (kotak spora). Didalam sporangium terjadi pembelahan secara mitosis dengan menghasilkan sporangiospora yang berkromosom haploid (n).

2. Reproduksi Seksual Zygomycota : Zygomycota bereproduksi secara seksual adalah dilakukan dengan cara pembentuk spora seksual (zigospora) melalui peleburan antara hifa yang berbeda jenis.

Contoh Zygomycota


Kelompok jamur Zygomycota disebut juga dengan fungi zigot. Sejumlah ahli mikologi telah mendeksripsikan sekitar 600 fungi zigot. Contoh Jamur Zygomycota adalah Rhizopus sp, Mucor sp, dan Pilobolus. Beauveria bassiana, Metarrhisium anisopliae.

Baca juga:
Ciri-Ciri, Contoh, Cara Reproduksi Ascomycota Lengkap

Demikianlah pembahasan tentang ciri-ciri Zygomycota lengkap dengan cara hidup, cara reproduksi dan contohnya. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+