Blog Archive

Pengertian dan Kegunaan Zat Aditif Makanan Bagi Manusia Lengkap

Pengertian dan Kegunaan Zat Aditif Makanan Bagi Manusia Lengkap - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang apa itu zat aditif, pengertian zat aditif, keguanaan/tujuan pemberian zat aditif makanan bagi manusia. Mungkin kalian pernah mendengar zat aditif makanan. Pengertian zat aditif adalah zat tambahan pada makanan untuk meningkatkan kualitas makanan seperti rasa dan aromanya. Zat aditif terdiri dari 2 macam yaitu yaitu zat aditif alami dan zat aditif buatan.

Pengertian dan Kegunaan Zat Aditif Makanan Bagi Manusia Lengkap

Zat aditif alami dibuat dengan mengambil ekstrak bahan alami, misalnya asam sitrat dan buah jeruk dan lesitin dan kuning telur atau sumsum. Zat aditif buatan dibuat dengan cara menyintesis senyawa kimia sehingga membentuk bahan aditif yang murni. Zat aditif alami warnanya kurang stabil (mudah rusak), konsentrasinya sulit diatur, dan harganya mahal. Sebaliknya, zat aditif buataƱ lebih stabil, konsentrasinya dapat diatur, dan harganya relatif murah. Akan tetapi, penggunaan zat aditif buatan yang tidak sesuai dosis dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, dosis penggunaan zat aditif buatan dalam industri pengolahan makanan diatur dan diawasi oleh pemerintah melalui Departemen Kesehatan agar tidak merugikan konsumen.

Kegunaan Zat Aditif Makanan Bagi Manusia


Kegunaan pemberian zat aditif pada makanan bagi manusia diantaranya adalah sbb:

-  Untuk mempertahankan nilai gizi makanan karena selama proses pengolahan makanan, ada zat gizi yang rusak atau hilang,
- Agar makanan lebih menarik,
- Agar mutu dan kestabilan makanan tetap terjaga,
- Untuk konsumsi sebagian orang tertentu yang memerlukan diet
- Agar makanan lebih tahan lama disimpan.

Baca juga:
Macam-Macam Zat Aditif Alami dan Buatan Lengkap Dengan Contoh dan Kegunaannya

Demikianlah pembahasan tentang pengertian zat aditif lengkap dengan contoh dan kegunaannya. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+