Blog Archive

Pengertian Gelombang Mekanik Lengkap Dengan Jenis-Jenis, Ciri-Ciri dan Contohnya

Pengertian Gelombang Mekanik Lengkap Dengan Jenis-Jenis, Ciri-Ciri dan Contohnya - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang pengertian gelombang mekanik, jenis-jenis gelombang mekanik, ciri-ciri gelombang mekanik, contoh gelombang mekanik. Apa itu gelombang mekanik ?. Sebelum kita membahas tentang apa itu gelombang mekanik, terlebih dahulu kalian harus tahu arti pengertian gelombang itu sendiri. Pengertian Gelombang adalah getaran yang merambat dari gerak gelombang yang dapat dipandang sebagai suatu perpindahan momentum dari suatu titik di dalam ruang ke titik yang lainnya tanpa perpindahan atau Pengertian Gelombang secara sederhana adalah getaran yang merambat melalui suatu medium.

Pengertian Gelombang Mekanik
Setelah tahu arti apa itu gelombang, mari kita bahas satu persatu apa itu pengertian gelombang mekanik, jenis-jenis gelombang mekanik, ciri-ciri gelombang mekanik dan contoh gelombang mekanik dibawah ini:

Pengertian Gelombang Mekanik


Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium dalam pergerakannya.

Jenis-Jenis Gelombang Mekanik


Berdasarkan arah gerak partikel materi yang dihubungkan kepada arah penjalaran gelombang itu sendiri, gelombang mekanik dibedakan menjadi 2 jenis yaitu sbb:

1. Gelombang Transversal

Gelombang Transversal adalah Gelombang (gangguan) yang arah gerak partikel yang mengangkut gelombang tersebut tegak lurus terhadap arah penjalaran gelombang itu sendiri. Contoh gelombang transversal: Gelombang tali, gelombang dalam seismik (gempa bumi) yang dikenal sebagai gelombang geser (shear wave), gelombang cahaya dan gelombang permukaan air.

2. Gelombang Longitudinal


Gelombang Longitudinal adalah Gelombang (gangguan) yang arah gerak partikel yang mengangkut gelombang tersebut bolak-balik (sejajar) sepanjang arah penjalarannya. Contoh gelombang longitudinal : Gelombang pada pegas dan gelombang bunyi di udara.

Ciri-Ciri Gelombang Mekanik


Ciri-ciri gelombang longitudinal adalah sbb:
     - Memerlukan medium untuk menjalar
     - Persamaan Newton
     - Gelombang longitudinal dan transversal

Contoh Gelombang Mekanik


Berikut ini beberapa contoh gelombang mekanik :
    - Gelombang tali
    - Gelombang permukaan air
    - Gelombang seismik
    - Gelombang tegangan
    - Gelombang akustik

Baca juga:
Pengertian Gelombang Lengkap, Macam/Jenis-Jenis, Sifat-Sifat Gelombang

Demikianlah pembahasan tentang pengertian gelombang mekanik lengkap dengan jenis-jenis, ciri-ciri dan contoh gelombang mekanik. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+