Blog Archive

Pengertian Perubahan Evolusi dan Revolusi Dalam Sosiologi Lengkap Dengan Contohnya

Pengertian Perubahan Evolusi dan Revolusi Lengkap Dengan Contohnya - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang pengertian perubahan evolusi dan revolusi dalam sosiologi. Perubahan evolusi dan revolusi pasti sering kita dengar dimana pun, tetapi mungki belum mengerti secara jelas, apa itu perubahan evolusi dan revolusi. Simak pembahasannya berikut ini:

Pengertian Perubahan Evolusi dan Revolusi Dalam Sosiologi Terlengkap

Pengertian Perubahan Evolusi dan Revolusi


1. Perubahan Evolusi 

Perubahan evolusi adalah perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam proses yang lambat dan dalam waktu yang cukup lama tanpa ada kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan Perubahan evolusi terjadi karena adanya dorongan dari usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri terhadpap kebutuhan-kebutuhan hidup terhadap perkembangan masyarakat pada waktu tertentu.

Contoh perubahan evolusi adalah sebagai berikut:
modernisasi mengaibatkan perubahan pada sistem transportasi dan sistem perbankan

2. Perubahan Revolusi 

Perubahan Revolusi adalah perubahan yang berlangsung secara cepat dan tidak ada kehendak atau direncanakan sebelumnya. Perubahan revolusi terjadi bisa karena sudah direncanakan sebelumnya atau tidak sama sekali. Revolusi biasanya diawali oleh ketegangan-ketegangan atau konflik dalam masyarakat.

Contoh perubahan revolusi adalah sbb:
Peristiwa terjadinya revolusi industri di Inggris, di mana terjadi pada tahap produksi yang  awalnya tanpa mesin, berubahn menuju tahap produksi menggunakan mesin.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian perubahan evolusi dan revolusi dalam sosiologi lengkap dengan contohnya. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+