Blog Archive

Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan Lengkap Dengan Contohnya

Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan Lengkap Dengan Contohnya - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang pengertian seni rupa murni, pengertian seni rupa terapan, contoh seni rupa murni dan terapan. Seni rupa terbagi atas dua kelompok besar yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Perkembangan keilmuan seni rupa dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami perluasan ke arah wahana yang lebih besar yang kita kenal sebagai budaya rupa (visual culture). Seni rupa bukan hanya cabang-cabang seni rupa yang kita kenal saja, seperti lukisan, patung, keramik, grafis ataupun kriya, namun juga meliputi kegiatan luas dunia desai dan kriya (kerajinan), multimedia hingga fotografi.

Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan Lengkap Dengan Contohnya

Pengertian Seni Rupa Murni (Fine Art)


Seni rupa murni adalah seni rupa yang lebih mengkhususkan diri pada proses penciptaan karya seninya dilandasi oleh tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan kepuasan batin senimannya. Seni murni diciptakan berdasarkan kreativitas serta ekspresi yang bersifat personal (lukisan, patung, grafis serta keramik). Namun dalam hal tertentu, karya seni rupa murni itu dapat pula diperjualbelikan ataupun mempunyai fungsi sebagai benda pajangan dalam sebuah ruang.

Macam/jenis seni rupa murni adalah sbb:
a. Seni lukis adalah salah satu jenis seni murni berwujud dua dimensi yang pada umumnya dibuat di atas kain kanvas berpigura dengan bahan cat minyak, cat akrilik ataupun bahan lainnya.
b. Seni patung adalah salah satu jenis seni murni berwujud tiga dimensi. Patung bisa dibuat dari bahan batu alam, ataupun bahan bahan industri seperti logam dan serat gelas.
c. Seni grafis adalah seni murni dua dimensi yang dikerjakan dengan tekni cetak baik yang bersifat konvensional ataupun melalui penggunaan teknologi modern.
d. Seni keramik termasuk seni murni tiga dimensi sebagai karya bebas yang tidak terikat pada bentuk fungsional.

Pengertian Seni Rupa Terapan (Applied Art)


Seni rupa terapan adalah seni yang dibuat untuk mengutamakan tujuan praktis, dengan kata lain dimanfaatkan fungsi pakainya untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia. Namun walaupun demikian karya seni rupa terapan diupayakan mempunyai nilai artistik pula.

Membuat karya seni rupa terapan tidak sebebas membuat karya seni rupa murni dikarenakan di dalamnya harus mempertimbangkan persyaratan-persyaratan tertentu, yakni syarat keamanan (security), kenyamanan (comfortable), dan keluwesan dalam penggunaan (flexibility). Karya seni rupa terapan dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu desain dan kriya.

1. Desain adalah karya seni yang dibuat berdasarkan pesanan ataupun permintaan client (pemesan). Yang termasuk dalam karya desain yaitu desain grafis, desai arsitektur, dan desain produk.

a. Desain grafis adalah karya yang dibuat untuk menkomunikasikan pesan tertentu kepada publik atau khalayak umum seperti poster, iklan ataupun baliho.
b. Desain arsitektur adalah karya seni  rupa yang dibuat untuk tujuan memenuhi kebutuhan akan hunian atau tempat tinggal dan fasilitas umum seperti rumah, gedung ataupun jembatan.
c. Desain produk adalah karya seni rupa yang berupaya memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti perabot rumah tangga, alat elektronik serta alat komunikasi.

2. Seni kriya atau seni kerajinan memiliki perbedaan dengan desain. Kebanyakn karya seni kriya dibuat secara tradisional dengan keterampilan tangan pembuatnya dan banyak memanfaatkan bahan-bahan alam seperti bambu, batu serta tanah liat.

Karya seni kriya kini banyak digemari sebab unsur keasliannya, tak heran orang-orang banyak  yang merasa bangga mengoleksi barang-barang kriya dibandingkan barang-barang buatan pabrik. Yang termasuk dalam golongan kriya diantaranya; keramik (gerabah), ukiran kayu, kerajinan kulit, anyaman, dan batik

Demikianlah pembahasan tentang pengertian seni rupa murni dan terapan lengkap dengan contohnya. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+