Blog Archive

Pengertian Pancasila Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Pancasila Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang pengertian pancasila secara umum, pengertian pancasila menurut para ahli. Dilihat dari asal usulnya, kata “Pancasila” berasal dan bahasa Sanskerta yang mengandung dua suku kata, yaitu panca dan syila. Panca berarti lima dan syila dengan huruf yang dibaca pendek mempunyai arti satu sendi, dasar, alat, atau asas. Sedangkan syila dengan pengucapan i panjang (syi:la) berarti peraturan tingkah laku yang baik, utama atau yang penting. Dengan demikian Pancasila dapat diartikan berlaku sendi, lima. Atau lima tingkah laku utama, atau pelaksanaan lima kesusilaan (Panca syila krama).

Pengertian Pancasila Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli


Berikut ini pendapat para ahli tentang pengertian Pancasila, adalah sebagai berikut:

1. Notonegoro
Pancasila adalah dasar falsafah negara Indonesia, sehingga dapat diartikan kesimpulan bahwa Pancasila merupakan dasar fasafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia, sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta bagian pertahanan bangsa dan negara.

2. Muhammad Yamin
Pancasila berasal dan kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti sendi, asas, dasar, atau peratu ran tingkah laku yang penting dan baik. Dengan démikian, Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.

3. Ir. Soekarno
Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia secara turun-temurun yang sekian abad Iamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, Pancasila tidak saja falsafah negara, tetapi Iebih tuas lagi, yakni falsafah bangsa Indonesia.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian Pancasila secara umum dan pengertian Pancasila menurut para ahli. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+