Blog Archive

Pengertian, Macam-Macam, Istilah-Istilah Warna Terlengkap

Pengertian, Macam-Macam, Istilah-Istilah Warna Terlengkap - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang pengertian warna, macam-macam warna, istilah-isilah warna. Pengertian Warna adalah unsur seni rupa yang paling menonjol dalam karya seni rupa. Warna bisa menunjukkan gelap terang, suasana perasaan (lambang), jauh dekat, perspektif serta sifat atau watak benda.

Pengertian, Macam-Macam, Istilah-Istilah Warna Terlengkap

Dalam teori warna menurut ilmu Fisika adalah kesan yang dirimbulkan oleh cahaya pada mata, dan menurut ilmu bahan ialah berupa pigmen-pigmen. Jadi dengan adanya cahaya maka benda-benda di alam semesta ini menjadi berwarna. Benda yang terkena cahaya akan memantulkan pigmen-pigmen warna dan pigmen warna itu diterima oleh mata. Tanpa ada cahaya semua benda tak akan berwarna atau gelap serta hitam.

Macam-Macam Jenis Warna


Secara umum warna terdiri dari 3 macam jenis yaitu:

1. Warna primer (warna pokok/dasar), adalah warna dasar yang belum dicampur oleh unsur warna lain. Jenis warna primer antara lain; merah (magenta red), kuning (yellow) dan biru (cyan blue).

2. Warna sekunder (warna kedua), adalah hasil campuran antara warna primer yang satu dengan yang lainnya. Jenis warna sekunder adalah; hijau hasil campuran warna biru dengan kuning, jingga hasil campuran warna merah dengan kuning, dan ungu hasil campuran warna merah dengan biru.

3. Warna tersier, adalah campuran dari salah satu warna primer dengan salah satu warna sekunder. Jenis warnanya antara lain; warna coklat campuran warna ungu dengan merah, ungu kebiruan campuran warna ungu dengan biru, hijau kebiruan campuran warna hijau dengan biru, dan seterusnya.

Istilah-istilah Warna


Ada beberapa istilah dalam teori warna antara lain sbb:

1. Warna netral yakni warna putih dan warna hitam, digunakan untuk memudakan warna atau membuat warna lebih terang dan menuakan warna atau membuat warna lebih gelap

2. Hue adalah macam-macam warna dalam satu jenis warna. Misalnya: merah darah, merah hati, merah jambu, merah terang, merah rose dan merah jingga.

3. Value (gelap terang) adalah tingkat gelap ataupun terangnya warna. Warna paling terang ialah putih dan warna paling gelap ialah hitam. Semakin terang warnanya semakin tinggi valuenya

4. Intensity (intensitas warna) atau kualitas warna adalah tingkat kecerahan dan kemuraman suatu warna. Warna cerah ialah warna yang cerah bersinar (spot light) dan warna muram ialah warna kusam atau tidak bersinar.

5. Contrast (kontras) adalah perbedaan dua jenis warna atau lebih yang masing-masing warna sangat berbeda hue nya.

6. Complement (komplementer) adalah dua jenis warna yang saling berhadapan dalam lingkaran warna. Seperti merah dengan hijau, biru dengan jingga dan kuning dengan ungu.

7. Monocrome (monokrom) adalah warna yang memiliki kesamaan hue atau warna sejenis (sekeluarga). Warna yang mempunyai kesamaan hue misalnya keluarga merah yang terdiri dari merah hitam, merah coklat, merah muda,  dan merah jambu.

8. Monotone (monoton) adalah warna yang mempunyai nuansa yang sama (senada), misalnya warna-warna gelap. Warna-warna gelap antara lain coklat, hijau tua dan biru tua.

9. Analog (bertetangga atau berdekatan) adalah warna yang tidak kontras, tidak komplementer. Contoh: warna biru berdekatan dengan merah atau ungu atau merah keunguan.

Demikian pembahasan tentang pengertian warna lengkap dengan macam-macam dan istilah-istilah warna terlengkap. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+