Blog Archive

Pengertian Bakteri Aerob dan Anaerob Lengkap Dengan Contoh dan Tabel Perbedaannya

Pengertian Bakteri Aerob dan Anaerob Lengkap Dengan Contoh dan Tabel Perbedaannya - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang pengertian bakteri aerob dan anaerob, tabel perbedaan bakteri aerob dan anaerob. Pada umumnya bakteri ada 2 jenis yaitu bakteri aerob dan bakteri anaerob. Masing-masing kedua jenis bakteri tersebut memiliki pengertian dan perbedaan tersendiri. Simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Bakteri Aerob dan Contohnya


Pengertian Bakteri aerob adalah bakteri yang membutuhkan oksigen untuk hidupnya. Jika tidak ada oksigen, bakteri akan mati. Bakteri aerob menggunakan glukosa atau zat organik lainnya seperti etanol untuk dioksidasi menjadi CO2, H2O, dan sejumlah energi. Contoh-contoh bakteri aerob adalah Nitrobacter, Nitrosomonas, Methanimonas (pengoksidasi metan), Nitrosococcus, Acetobacter, Hydrogemonas, Nocardiaasteroides (penyebab penyakit paru-paru), Thiobacillus thiooxidans.

                                Bakteri Aerob
a. C6H12O6 + 6O2    ------------->     6CO2 + 6H2O + 675 Kkal
                                 Bakteri asam asetat
b. CH3CH2OH+ O2    --------------->   CH3COOH + H2O +166 Kkal

Contoh bakteri aerab Nitrosomonas
Contoh bakteri aerab Nitrosomonas

Pengertian Bakteri Anaerob dan Contohnya


Pengertian Bakteri anaerob adalah bakteri yang tidak membutuhkan oksigen untuk hidupnya. Bakteri anerob terbagi atas dua yaitu bakteri anaerob fakultatif dan bakteri anaerob obligat. Berikut ini penjelasannya:

1. Bakteri anaerob fakultatif adalah bakteri yang dapat hidup dengan baik baik itu dengan oksigen atau tanpa oksigen. Contoh-contoh bakteri anaerbo fakultatif adalah Streptococcus, Aerobacter aerogenes, Escherichia coli, Lactobacillus, Alcaligenesis.

 Contoh bakteri anaerob fakultatif : Streptococcus

2. Bakteri anaerob obligat adalah bakteri yang tidak membutuhkan dalam hidupnya. Jika ada oksigen bakteri tersebut akan mati. Contoh-contoh bakteri anaerob obligat adalah Prevotella melaninogenica (menyebabkan abses pada rongga mulut dan faring), Clostridium tetani (menyebabkan kejang otot), Peptostreptococcus (menyebabkan abses otak dan abses saluran kelamin wanita), Methanobacterium (menghasilkan gas metana), dan Bacteroides fragilis (menyebabkan abses atau tumpukan nanah di usus).

 Contoh bakteri anaerob obligat : clostridium tetani

Tabel perbedaan bakteri Aerob dan Anaerob


Berikut ini tabel perbedaan bakteri aerob dan anaerob

tabel perbedaan bakteri aerob dan anaerob
tabel perbedaan bakteri aerob dan anaerob

Demikianlah pembahasan tentang pengertian bakteri aerob dan anaerob lengkap dengan tabel perbedaan bakteri aerob dan anaerob. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+