Blog Archive

Struktur Ginjal Lengkap Dengan Kelainan dan Penyakit Pada Ginjal

Struktur Ginjal Lengkap Dengan Kelainan dan Penyakit Pada Ginjal - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang struktur ginjal, kelainan dan penyakit pada ginjal. Ginjal termasuk organ penting bagi manusia. Ginjal pada manusia berbentuk seperti kacang serta berjumlah dua buah yang terletak pada bagian dalam rongga perut bagian belakang agak ke atas di dekat tulang belakang. Ginjal sebelah kanan posisinya sedikit lebih rendah dibandingkan ginjal sebelah kiri dikarenakan terdesak oleh hati.

Struktur Ginjal Lengkap Dengan Kelainan dan Penyakit Pada Ginjal

Setiap ginjal umumunya memiliki panjang 6-7,5 cm serta tebal 1,5-2,5 cm. Pada orang dewasa beratnya rata-rata pada kisaran 140 gram. Ginjal berfungsi sebagai alat penyaring darah. Ginjal menyaring darah sebanyak ±1500 liter per hari, sehingga ada beberapa zat yang harus dibuang melalui alat pengeluaran (ekskresi). Zat sisa hasil penyaringan darah dari ginjal berupa urine dan dialirkan melalui ureter menuju ke kandung kemih (vesika urinaria), kemudian melalui uretra dikeluarkan dari tubuh.

Struktur Ginjal


Ginjal tersusun atas lapisan luar yang disebut kulit ginjal (korteks renalis) dan lapisan sebelah dalam yang disebut sumsum ginjal (medula). Lapisan paling dalam berupa rongga ginjal yang disebut pelvis renalis. Struktur ginjal adalah sbb:

1. Kulit ginjal ( korteks renalis )
Pada bagian inilah proses penyaringan darah dimulai. Kulit ginjal tersusun atas sel-sel ginjal atau nefron yang merupakan penyaring darah. Satu nefron terdiri dari badan Malpighi dan tubula. Badan Malpighi terdiri dari glomerulus serta kapsula Bowman. Glomerulus adalah kumpulan cabang-cabang halus atau anyaman pembuluh darah kapiler di bagian korteks. Adapun kapsula Bowman ialah lapisan yang melingkupi glomerulus, bentuknya seperti cawan, dan berdinding ganda.

2. Sumsum ginjal ( medula renalis)
Medula (sumsum ginjal) tersusun atas saluran-saluran yang merupakan kelanjutan badan Malpighi serta saluran yang ada di bagian korteks. Medula berbentuk kerucut atau renal piramid. Medula merupakan tempat berkumpulnya pembuluh darah kapiler dari kapsula Bowman. Selain itu juga sebagai tempat terjadinya reabsorpsi dan augmentasi penyaringan darah.

3. Rongga ginjal (pelvis renalis)
Pelvis renalis atau rongga ginjal berupa rongga yang berfungsi sebgai penampung urine sementara sebelum dikeluarkan melalui ureter.

Kelainan dan Penyakit Pada Ginjal


Ginjal manusia bisa mengalami gangguan karena bervagai macam sebab. Beberapa jenis kelainan dan penyakit pada ginjal antara lain sebagai berikut:

1. Batu ginjal, penyakit ini terbentuk dikarenakan adanya endapan garam kalsium yang maik lama makin mengeras dan membesar. Endapan ini pada mulanya berada di rongga ginjal, lalu terbawa arus ke urine menuju ureter dan kantong kemih.

2. Gagal ginjal, ialah kelainan ginjal yang dapat mengakibatkan ginjal tak berfungsi sebagaimana mestinya yakni sebagai alat penyaring darah.

3. Nefritis, ialah peradangan pada nefron, terutama glomerulus karena infeksi bakteri Streptococcus.

4. Diabetes insipidus, terjadi sebab kekurangan hormon ADH (Antidiuretic Hormone). Ciri-ciri penyakit ini adalah dengan pengeluaran urine yang terlalu banyak.

5. Albuminuria, terjadi dikarenakan adnya kerusakan pada filtrasi, yang mengakibatkan molekul albumin dan protein keluar bersama urine.

Demikianlah pembahasan tentang struktur ginjal lengkap dengan kelainan dan penyakit pada ginjal. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+