Blog Archive

Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang Lengkap Dengan Pengertian

Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang Lengkap Dengan Pengertian - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang ciri-ciri negara maju dan berkembang, pengertian negara maju dan berkembang, perbandingan/perbedaan negara maju dan berkembang. Di dunia ada banyak negara maju dan berkembang. Tahukah kamu apa itu negara maju dan negara berkembang ?. Pengertian Negara maju adalah negara-negara industri yang telah mampu ataupun berhasil dalam berbagai bidang. Negara maju ditandai dengan adanya corak ekonomi pasar. Beberapa negara yang telah tergolong sebagai negara maju adalah Amerika Serikat, negara-negara di Eropa Barat, Jepang serta Korea Selatan. Negara-negara tersebut memang merupakan negara yang bercorak ekonomi kapitalis

Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang Lengkap Dengan Pengertian

Sedangkan pengertian negara berkembang adalah negara-negara di dunia yang masih memiliki standar hidup relatif rendah, sektor industri yang kurang berkembang serta rendahnya pendapatan perkapita. Beberapa ciri yang  menandai sebuah negara dapat dikatakan sebagai negara maju ataupun negara berkembang adalah sebagai berikut:

Perbandingan/Perbedaan Negara Maju dan Berkembang


a. Pendapatan per kapita penduduk

Indikator ini pada hakikatnya mencerminkan tingkat kemakmuran serta kemajuan suatu negara. Di negara negara maju rata-rata pendapatan penduduk per kapita relatif tinggi, sedangkan di negara berkembang pendapatan per kapita penduduk lebih rendah dibandingkan negara maju.

b. Pertumbuhan penduduk

Pertumbuhan penduduk bisa diartikan sebagai pertambahan atau pengurangan jumlah penduduk di suatu wilayah yang disebabkan oleh berbagai faktor tertentu. Di negara maju biasanya pertumbuhan penduduka amat kecil. Sebaliknya di negara berkembang mempunyai tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi.

Pertumbuhan penduduk yang tinggi memerlukan ketersediaan sumber daya alam yang besar pula. Apabila sumber daya alam serta jumlah penduduk tidak seimbang maka yang terjadi ialah kehidupan penduduk yang kurang sejahtera. Inilah yang terjadi di negara berkembang, ataupun negara miskin.

c. Jumlah tenaga kerja

Di negara maju, kesempatan kerja sangat terbuka dan sangat beragam dibandingkan di negara berkembang. Industri di negara maju sangat berkembang, hal ini dapat memungkinkan kegiatan penduduk banyak berkaitan dengan kegiatan industri. Di negara berkembang, kegiatan ekonomi penduduk lebih banyak berpusat di sektor pertanian dan perikanan.

d. Jumlah angka harapan hidup

Di negara maju, pelayanan kesehatan serta taraf ekonomi sangat baik sehingga menyebabkan penduduknya tumbuh serta berkembang biak dengan baik. Dengan kesehatan dan perkembangan kesehatan yang baik maka dapat menjadikan tingkat harapan hidup yang baik pula.

Di negara maju, angka harapan hidup warganya sekitar 60 tahun ke atas, sedangkan pada negara berkembang, angka harapan hidup warganya berkisar rata-rata di bawah 60 tahun. Hal ini tentu saja berkaitan dengan tingkat pelayanan kesehatan serta taraf ekonomi yang ada.

e. Mata pencaharian

Di negara-negara berkembang, mayoritas mata pencaharian penduduk iyalah di sektor pertanian. Pemanfaatan lahan sebagian besar digunakan untuk sawah, perkebunan, tambak dan hutan. Sebaliknya, di negara maju sebagian besar penduduknya bekerja di sektor industri yang amat beragam, seperti industri elektronik, mesin-mesin dan sebagainya.

f. Tingkat pendidikan

Di negara maju, karena tingkat perekonomian sudah maju, maka negara mampu menyediakan fasilitas-fasilitas di bidang pendidikan secara memadai, penyediaan sekolah-sekolah, dari dasar sampai tingkat perguruan tinggit secara merata sehingga penduduknya sudah bebas buta huruf.

Ciri-Ciri Negara Maju dan Negara Berkembang


Berikut ini adalah ciri-ciri negara maju dan berkembang selengkapnya:

1. Ciri-ciri negara maju

Suatu negara bisa dikatakan sebagai negara maju jika mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1) Pendapatan perkapita penduduk tinggi
2) Tingkat pendidikan yang baik
3) Penduduknya lebih banyak bekerja di sektor industri
4) Ekonomi ekspornya tidak bergantung pada produk primer
5) Jumlah penduduk relatif rendah
6) Tingkat pertumbuhan penduduk relatif rendah
7) Berorientasi pada perdagangan dalam dan luar negeri
8) Kemajuan teknologi dan pembangunan ekonomi bergerak cepat

2. Ciri-ciri negara berkembang

Adapun ciri-ciri negara berkembang adalah sebagai berikut:
1) Produksi barang-barang primer masih dominan, seperti pertanian
2) Adanya masalah tekanan penduduk seperti pengangguran
3) Sumber daya alam belum banyak diolah
4) Kekurangan modal
5) Rendahnya pendapatan penduduk
6) Penguasaan penguasaan terhadap iptek rendah
7) Tingkat pendidikan rendah
8) Tingginya tingkat pertumbuhan penduduk.

Demikian pembahasan tentang ciri-ciri negara maju dan negara berkembang lengkap dengan perbandingan/perbedaannya. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+