Blog Archive

Pengertian Perbedaan Pemimpin, Kepemimpinan, Dipimpin, Memimpin dan Terpimpin Lengkap

Pengertian Perbedaan Pemimpin, Kepemimpinan, Dipimpin, Memimpin dan Terpimpin Lengkap - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang pengertian pemimpin, pengertian kepemimpinan, pengertian dipimpin, pengertian memimpin, pengertian terpimpin. Tahukah kamu arti tentang kepemimpinan ?. Sebenarnya kelima kata tersebut saling berkaitan dan masuk dalam bidang yang sama. Kelima kata tersebut sama-sama memiliki kata dasar yaitu “pimpin”. Namun demikian kelima kata tersebut digunakan dalam konteks yang berbeda. Simak pembahasannya berikut ini:

Pengertian Perbedaan Pemimpin, Kepemimpinan, Dipimpin, Memimpin dan Terpimpin Lengkap

Pengertian Pemimpin


Pemimpin adalah Seseorang yang memiliki kemampuan untuk dapat memperngaruhi, mengatur, mengarahkan serta mengkoordinir orang lain untuk berkerja sama dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam artian singkat pemimpin adalah seseorang yang dapat mengarahkan pengikutnya untuk tujuan tertentu.

Jika kata “Pemimpin” dialaih bahasa kan kedalam bahasa Inggris menjadi “Leader”. Leader memiliki tugas dan tanggung jawab untuk me-LEAD  para “Follower”-nya atau pengikutnya. Makna LEAD sendiri adalah:

• Loyality (loyalitas) : Setiap pemimpin memiliki tanggung jawab untuk menumbuhkan loyalitas para pengikutnya dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Ini bisa dilakukan dengan memberikan motivasi kepada para pengikutnya untuk semakin bersungguh-sungguh dalam prosesnya.

• Educate (edukasi) : Setiap pemimpin wajib membekali semua pengikutnya dengan edukasi dan pengetahuan. Hal ini akan membantu mempercepat proses pencapaian tujuan dan meningkatkan kualitas setiap pengikutnya.

• Advice (nasehat) : Apabila dalam kepemimpinanya terdapat masalah, maka pemimpin tersebut harus memberikan saran dan nasehat agar masalah tersebut dapat terselesaikan

• Discpiline (disiplin) : Setiap Pemimpin wajib bersikap disiplin dan dapat menjadi teladan bagi para pengikutnya.

Pengertian Kepemimpinan


Kepemimpinan adalah cara seseorang untuk memperngaruhi orang lain sehingga orang tersebut mau berkerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam artian singkat kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin dalam mengarahkan para pengikutnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Kepemimpinan setiap pemimpin tidak mesti sama, karena tergantung dari pembawaan pemimpin tersebut maupun kondisi pengikutnya. Kepemimpinan harus sesuai dengan kondisi pengikutnya agar pengikutnya merasa senang dalam proses dan tidak merasa tertekan maupun terpaksa. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang kepemimpinan dan gaya kepemimpinan silahkan baca disini

Pengertian Dipimpin


Dipimpin adalah proses dimana individu atau kelompok mendapatkan arahan dan pengaruh dari seorang pemimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam artian singkat dipimpin adalah proses dimana individu atau kelompok mengikuti arahan pemimpinnya.

Pengertian Memimpin


Memimpin adalah proses dimana seorang pemimpin dalam mengarahkan dan mempengaruhi pengikutnya untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi memimpin adalah proses kebalikan dari dipimpin tadi.

Pengertian Terpimpin


Terpimpin adalah situasi dimana individu atau kelompok dapat dipimpin dengan baik atau terkendali oleh seorang pemimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kelima kata diatas berkaitan namun dalam konteks yang berbeda. Jika dilihat dalam unsur kalimat yang baik maka kata “pemimpin” merupakan Subjeknya, “kepemimpinan” merupakan Objeknya, “dipimpin” dan “memimpin” merupakan Predikatnya, sedangkan “terpimpin” merupakan Keterangannya.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian pemimpin lengkap dengan pengertian kepemimpinan, pengertian dipimpin, pengertian memimpin, pengertian terpimpin. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+