Blog Archive

Pengertian Limbah Tekstil Lengkap Dengan Jenis-Jenis, Fungsi dan Unsur Karya Kerajinan Limbah Tekstil

Pengertian Limbah Tekstil Lengkap Dengan Jenis-Jenis, Fungsi dan Unsur Karya Kerajinan Limbah Tekstil - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang pengertian limbah tekstil, jenis-jenis kerajinan limbah tekstil, fungsi kerajinan limbah tekstil, unsur-unsur kerajinan limbah tekstil. Limbah tekstil adalah limbah yang dihasilkan dari proses pengkanjian, penghilangan kanji, penggelantangan, pemasakan, merserisasi, pewarnaan, pencetakan hingga proses penyempurnaan. Proses penyempurnaan kapas menghasil kan limbah yang lebih banyak dan lebih kuat dari pada limbah daripada proses penyempurnaan bahan sistesis. Jadi, kerajinan limbah tekstil merupakan suatu karya tangan yang dihasilkan oleh buangan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga).

Pengertian Limbah Tekstil Lengkap Dengan Jenis-Jenis, Fungsi dan Unsur Karya Kerajinan Limbah Tekstil

Jenis Kerajinan Limbah Tekstil


Jenis produk kerajinan limbah tekstil terbagi menjadi dua kelompok yaitu:

1. Benda Hias, merupakan kerajinan limbah tekstil yang lebih mengutamakan unsur estetika atau keindahannya disamping kegunaannya. Contohnya adalah lukisan
2. Benda Pakai, merupakan kerajinan limbah tekstil yang lebih mengedepankan fungsi kerajinan tersebut di kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah pakaian

Fungsi Kerajinan Limbah Tekstil


Secara garis besar, fungsi kerajinan limbah tekstil adalah sebagai berikut:

1. Berfungsi sebagai benda hiasan. Dengan berfungsi sebagai benda hiasan, maka nilai estetik sangat dibutuhkan.
2. Di samping sekedar sebagai benda hiasan, banyak kita jumpai memiliki fungsi sebagai benda praktis, karena fungsi merupakan hal yang diprioritaskan dalam berbagai kerajinan Tekstil.
3. Di samping sebagai benda hiasan dan terapan, karya kerajinan Tekstil juga berfungsi sebagai mainan. Meskipun sebagai benda mainan, karya kerajinan jenis ini tetap mempertahankan nilai-nilai estetika.
4. Kerajinan limbah tekstil juga dibutuhkan sebagai sarana pelestarian alam dan kebudayaan.

Unsur Karya Kerajinan Limbah Tekstil


Unsur Estetika merupakan unsur keindahan bentuk, yang selalu bergantung pada sentuhan keindahan atau nilai estetis. Karena itu, dalam pembuatannya, seorang pengrajin harus menguasai unsur-unsur seni seperti garis, bidang, bentuk, warna, komposisi dan lain-lain dari benda berbahan baku limbah tekstil yang akan dibuat menjadi kerajinan.

Sedangkan unsur Ergonomis merupakan dalam teori desain dikenal sebagai prinsip form follow function, yaitu bentuk desain yang mengikuti fungsi. Jadi Unsur ergonomis adalah unsur tekstil yang mengutamakan kenyamanan penggunaannya, misalkan pakaian batik atau pakaian dari bahan kain seperti tenun, songket dan tapis.

Ada tiga aspek desain yang harus dimiliki jika suatu produk desain ingin dianggap berhasil, yaitu produk desain harus memiliki aspek berupa keamanan (safety), kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika).

Demikianlah pembahasan tentang pengertian limbah tekstil lengkap dengan jenis-jenis kerajinan limbah tekstil, fungsi kerajinan limbah tekstil, unsur-unsur kerajinan limbah tekstil. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+