Blog Archive

Pengertian Atmosfer Lengkap Dengan Manfaat, Macam Lapisan-Lapisan Atmosfer Bumi

Pengertian Atmosfer Lengkap Dengan Manfaat, Macam Lapisan-Lapisan Atmosfer Bumi - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang pengertian atmosfer, manfaat atmosfer, macam/jenis lapisan atmosfer bumi. Tahukah kamu apa itu atmosfer bumi ?. Pengertian Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi. Atmosfer merupakan bagian bumi yang terdiri dari campuran beberapa jenis gas yang menyelubungi bumi hingga pada ketinggian kurang lebih 1100 km di atas permukaan laut (dpl).

Pengertian Atmosfer Lengkap Dengan Manfaat, Macam Lapisan-Lapisan Atmosfer Bumi

Unsur gas utama yang membentuk atmosfer terdiri dari oksigen serta nitrogen. Umumnya ada 3 jenis gas pembentuk atmosfer yaitu:

1. Udara kering, yaitu gas tanpa air dan aerosol yang mencakup 96% dari volume keseluruhan atmosfer bumi.
2. Uap air yang kandungannya dalam atmosfer berbeda di beberapa wilayah bumi.
3. Aerosol, yaitu partikel halus yang berasal dari bahan padat di bumi yang mempunyai massa ringan, sehingga bisa tertiup naik ke lapisan atmosfer.

Manfaat Atmosfer Bumi


Berikut ini beberapa manfaat atmosfer bumi adalah sbb:

1. Atmosfer berfugnsi ibarat payung atau pelidung makhluk hidup yang tinggal di bumi dari radiasi sinar matahari pada siang hari serta mencegah hilangnya panas ke ruang angkasa saat malam hari.
2. Dalam atmosfer terkandung oksigen yang sangat diperlukan untuk proses pernapasan makhluk hidup.
3. Atmosfer adalah penghambat ataupun tameng bagi benda-benda luar angkasa yang bergerak melaluinya sehingga sebagian meteor yang melintasi atmosfer akan menjadi panas dan hancur sebelum bisa mencapai permukaan bumi.
4. Sebagai sumber gas serta uap dalam pembentukan hujan.
5. Sebagai pemantul gelombang radio yang digunakan dalam proses telekomunikasi.

Macam/Jenis Lapisan-Lapisan Pada Atmosfer


Menurut perubahan suhu serta ketinggiannya, atmosfer dapat dibagi menjadi 5 lapisan utama yaitu:

1. Lapisan Troposfer

Lapisan atmosfer yang berada di posisi paling bawah disebut troposfer. Kandungan massa udara terbesar ada di lapisan ini. Semoakin tinggi lapisan troposfer di suatu wilayah, maka akan semakin rendah temperaturnya.

Setiap naik ketinggian 100 m, temperatur akan makin turun sebesar 0,5°C-0,6°C. Maka temperatur ataupun suhu di pegunungan akan lebih rendah dibandingkan di daerah pantai. Bagian tertinggi troposfer dinamakan Tropopause.

2. Lapisan Stratosfer

Lapisan ini berada di ketinggian antara 15-50 km diatas permukaan laut. Lapisan stratosfer dibagi menjadi 3 lapisan yakni:

1)  Lapisan isoterm, ialah lapisan stratosfer yang berada di bagian paling bawah dengan ketinggian antara 11-20 km
2)  Lapisan inversi, ialah lapisan stratosfer tengah dengan ketinggian antara 21-35 km
3)  Lapisan stratopause, ialah lapisan paling atas dengan ketinggian 36-50 km.

3. Lapisan Mesosfer

Mesosfer ialah lapisan udara yang berada di ketinggian 50-80 km. Lapisan mesosfer berada di atas stratosfer, dibatasi dengan lapisan stratopause. Ciri utama lapisan ini yaitu suhu udara yang tidak stabil, pada bagian bawah lapisannya suhu udara sangat tinggi, namun semakin naik menjadi semakin menurun bahkan di lapisan mesopause, suhu dapat berkisar -95°C.

Pada lapisan ini tidak terdapat sirkulasi udara. Lapisan mesosfer adalah lapisan penghancur benda angkasa, dikarenakan suhunya yang amat tinggi.

4.  Lapisan Termosfer atau Lapisan Ionosfer

Lapisan termosfer adalah lapisan atmosfer yang berada di posisi paling tinggi. Ketinggiannya dapat berkisar antara 80-480 km. Makin tinggi posisi lapisannya, maka temperaturnya akan semakin tinggi pula.

Pada kisaran 480 km dpl, suhunya dapat mencapai 1,23°C. Sementara pada ketinggian 120 km dpl, suhunya bisa mencapai -38°C, bahkan pada lapisan terbawah suhu bisa berkisar antara -95°C.

Lapisan ini merupakan lapisan atau zona terakhir atmosfer sebelum menyentuh ruang hampa. Di dalamnya terdapat lapisan eksosfer, di lapisan ini molekul molekul gas bumi terlepas ke ruang angkasa. Pada lapisan ini juga terjadi proses ionisasi.

5. Lapisan Eksosfer

Dinamakn eksosfer karena merupakan lapisan paling luar dari atmosfer bumi, di mana pengaruh gaya berat amat kecil, sehingga benturan-benturan udara jarang terjadi.

Lapisan eksosfer berada di kisaran ketinggian lebih dari 480 km dpl. Pada lapisan ini hanya terdapat sedikit gas. Hidrogen ialah unsur pembentuk utamanya.

Demikian pembahasan tentang pengertian atmosfer lengkap dengan manfaat, macam/jenis lapisan-lapisan atmosfer bumi. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+