Blog Archive

Pengertian Psikotropika Lengkap Dengan Macam-Macam, Ciri-Ciri, Bahaya, Pencegahan, Pengobatan

Pengertian Psikotropika Lengkap Dengan Macam-Macam, Ciri-Ciri, Bahaya, Pencegahan, Pengobatan - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang apa itu psikotropika, macam-macam psikotropika, ciri-ciri pemakai/pengguna psikotropika, bahaya pemakaian psikotropika, dampak negatif penggunaan psikotropika, pencegahan dan pengobatan bagi pengguna psikotropika. Pengertian Psikotropika adalah suatu obat yang bisa berefek pada pikiran dan sistem saraf bagi pemakainya. Psikotropika bisa didapat secara alami ataupun sintetik (buatan manusia) yang bersifat psikoaktif dan berpengaruh pada susunan saraf pusat sehingga mengakibatkan perubahan pada tingkah laku sehari-hari.

Pengertian Psikotropika Lengkap Dengan Macam-Macam, Ciri-Ciri, Bahaya, Pencegahan, Pengobatan

Psikotropika mengakibatkan turunnya kinerja otak atau merangsang susunan saraf pusat sehingga menimbulkan kelainan perilaku dan disertai dengan halusinasi, ilusi, gangguan berpikir, serta ketergangguan, pada akhirnya menyebabkan kematian bagi si pemakai.

Macam-Macam/Jenis Psikotropika


1. Halusinogen
Merupakan obat yang dapat menimbulkan halusinasi, pengguna dapat melihat atau mendengar sesuatu yang tidak nyata, seperti berkhayal. Contoh obat Halusinogen adalah Licercik Acid Dhietilamide (LAD), Psylocibine, Micraline, dan Mariyuana.

2. Depresan
Merupakan obat yang memberi efek seperti kerja system saraf berkurang, kesadaran menurun, dan mengantuk. Zat yang termasuk obat depresan antara lain alkohol, sedatin atau pil BK, Magadon, Valium, dan Mandrak (MX), Cannabis dan Barbiturat.

3. Stimulan
Merupakan obat yang memberikan rangsangan kepada saraf yang mengakibatkan pemakai lebih percaya diri . Contoh obat Stimulan antara lain kafein, kokain, ganja, dan amfetamin. Amfetamin biasanya terdapat pada pil ekstasi.

Ciri-Ciri Pemakai/Pengguna Psikotropika


Orang yang menggunakan zat-zat Psikotropika dapat dikenal dengan jelas melalui fisiknya, kegiatan sehari-hari yang berubah dari biasanya. Berikut ini adalah ciri-ciri pengguna Psikotropika:

1. Badan terus melemas dan tidak bergairah, tidak ada tenaga untuk beraktivitas.
2. Muka terlihat pucat dan tubuhnya kurus.
3. Tubuh menggigil berat disertai dengan teriakan histeris.
4. Susah untuk berkonsentrasi atau fokus terhadap suatu hal.

Bahaya Pemakaian Psikotropika

             
Psikotropika membawa bahaya dan dampak bagi pemakainya, baik kesehatannya, ataupun lingkungannya. Akibat banyaknya aksi penyalahgunaan psikotropika, tingkat kriminalitas pun juga meningkat. Pemakai obat-obatan Psikotropika akan mengalami hidup sulit, hancur, serta mengalami gangguan kesehatan yang membuat masa depannya menjadi suram. Lingkungan sekitarnya pun tidak mau menerima si pemakai untuk berbaur didalam lingkungan itu sendiri. Mungkin karena takut membuat konsumen Psikotropika menyebar dengan luas.

Dampak Negatif Penggunaan Psikotropika

Berikut ini dampak negatif dari penggunaan psikotropika:

    - Kokain dapat menimbulkan rasa takut berlebihan dan depresi.
    - Pil ekstasi menimbulkan rasa lelah dan tenang.
    - Morfin menimbulkan rasa ngantuk, gangguan pernafasan, bahagia berlebih (eufhoria), dan kematian.
    - Barbiturat mengakibatkan mudah tertidur lelap dan menimbulkan kematian.
    - Berbagai zat narkotika seperti candu, heroin, dan ganja dapat menyebabkan saraf terganggu dan menimbulkan ketagihan pada akhirnya kematian.

Faktor yang memicu seseorang untuk menggunakan Psikotropika

  
Ada beberapa faktor yang membuat seseorang untuk terjun ke dunia terlarang ini, contohnya:

- Faktor lingkungan
Hidup yang salah bergaul, Hedonisme (hidup bersenang-senang), hidup kurang bergaul juga dapat memicu seseorang untuk memakai obat berbahaya ini.

- Faktor dari dalam keluarga
Ada masalah dalam kehidupan keluarganya yang menurutnya sudah tidak dapat dipecahkan lagi, broken home.

- Faktor dari dalam dirinya sendiri
Rasa ingin tahu, yang selanjutnya ingin coba-coba, labil, kegalauan, frustasi, stres berlebihan, kurangnya wawasan seseorang tentang obat Psikotropika ini.

Pengobatan Bagi Pemakai Psikotropika


Bagi orang yang sudah kecanduan psikotropika maka bisa diobati dengan cara sbb:

1. Periksa ke dokter dan mengkonsultasikan upaya untuk menghilangkan racun dari obat Psikotropika.
2. Sikap peduli dan perhatian dari anggota keluarga, lingkungan, teman, dan sahabat dapat memberikan semangat untuk lepas dari ketergantungan akan zat Psikotropika.
3. Melakukan kegiatan positif yang membawa manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.
4. Aktif dalam kegiatan beragama.

Pencegahan terhadap ketergantungan obat Psikotropika


Sebelum terlambat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut ini beberapa pencegahan terhadap ketergantungan obat psikotropika yang bisa dilakukan:

- Mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, rutin melakukan kegiatan beragama.
- Menjauhi zat Psikotropika dan tidak pernah akan mencobanya.
- Hilangkan rasa ingin tahu, ingin coba-coba.
- Tidak salah bergaul, terutama bergaul dengan pemakai bahkan pengedar zat Psikotropika.
- Menambah wawasan atau pengetahuan tentang apa itu zat Psikotropika, ikut penyuluhan dan seminar tentang narkotika agar dapat memproteksi diri sendiri dari penyalahgunaan psikotropika.
- Menyibukkan diri sendiri dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif

Demikianlah pembahasan tentang pengertian Psikotropika lengkap dengan macam-macam, ciri-ciri, bahaya, pencegahan dan pengobatannya. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+