Blog Archive

Pengertian Hardware, Software, Brainware Lengkap Dengan Penjelasan

Pengertian Hardware, Software, Brainware Lengkap Dengan Penjelasan - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang pengertian hardware, pengertian software, pengertian brainware lengkap dengan penjelasannya masing-masing. Hardware, software dan brainware adalah komponen komputer yang sangat penting dan saling membutuhkan. Untuk lebih jelasnya simak pembahasannya tentang apa itu hardware, apa itu software, apa itu brainware berikut ini:

Pengertian Hardware, Software, Brainware Lengkap Dengan Penjelasan

1. Hardware 

Pengertian Hardware adalah perangkat komputer yang dapat disentuh dan dilihat. Sehingga hardware dikatakan sebagai perangkat keras. Fungsi Hardware (perangkat keras) adalah memberikan masukan, mengolah dan menampilkan keluaran, dan menjalankan suatu perintah. Hardware (perangkat keras) dibedakan dalam 3 jenis dengan contohnya antara lain sebagai berikut:

    - Perangkat Input/Masukan adalah perangkat yang digunakan untuk memasukan instruksi atau perintah dari pengguna komputer (user). Contoh perangkat keras input yaitu joystick, keyboard, dan mouse
    - Perangkat Pemrosesan adalah perangkat keras yang digunakan untuk melakukan atau menjalankan perintah atau instruksi yang berasal dari perangkat keras input/masukan. Contoh perangkat pemrosesan yaitu CPU, RAM dan lain-lainya
    - Perangkat Output/Keluaran adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghasilkan sesuatu dari hasil pemrosesan yang berasal dari perangkat pemrosesan.

2. Software 

Pengertian Software adalah data yang diprogram secara digital yang tidak dapat dilihat dan disentuh secara fisik yang terdapat di dalam komputer. Software merupakan perangkat lunak yang mengendalikan atau mengontrol perangkat keras dalam menjalankan suatu perintah atau proses.

Pembagian software antara lain sebagai berikut:
    - Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengorganisasikan semua komponen mesin komputer. Contoh sistem operasi adalah linux, microsoft windows, macintosh, unix
    - Program aplikasi adalah program yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh program aplikasi yaitu Ms. Word, adobe photoshop, Corel Draw, Exell.
    - Program bantu adalah program yang membantu sistem operasi. Contohnya program bantu yaitu anti virus, moxilla firefox, winamp, PC tools.
    - Bahasa pemrograman adalah program yang berbentuk interpreter. Contoh bahasa pemrograman yaitu Pascal, visual basic, java, HTML, dan Delphi.

3. Brainware 

Pengertian Brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Contoh brainware yaitu orang yang menggunakan komputer, programmer, netter. 

4. Hubungan antara Hardware, Software, Brainware
Dari pengertian diatas, hardware, software, brainware tentu memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya, yang beguna dalam menciptakan keterkaitan sebuah komputer.

Hardware tanpa dengan adanya software, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Karena software fungsionalitas pada komputer, sehingga komputer dapat digunakan. Apabila Hardware dan software telah tercipta, lantas tidak memiliki Brainware, maka komputer hanyalah mesin yang memiliki fungsi tetapi tidak berguna atau sebuah robot dengan segudang fungsi yang diam. Jadi, hardware, software, braindware merupakan unsur fungsionalitas komputer.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian hardware, software dan brainware lengkap dengan penjelasannya. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+