Blog Archive

Macam/Jenis-Jenis Seni Rupa Lengkap Dengan Pengertiannya

Macam/Jenis-Jenis Seni Rupa Lengkap Dengan Pengertiannya - Update artikel baru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang macam-macam/jenis seni rupa lengkap dengan pengertiannya. Karya seni rupa dapat diwujudkan dalam berbagai jenis sesuai dengan alat dan bahan yang digunakan. Untuk mengekspresikan ide dan gagasan dalam bentuk karya seni rupa memerlukan teknik yang disesuaikan dengan media yang digunakan.

Macam/Jenis-Jenis Seni Rupa Lengkap Dengan Pengertiannya

Dengan demikian seni rupa mempunyai berbagai macam cabang dan jenis. Pengetahuan tentang jenis karya seni rupa akan lebih dipahami jika memperhatikan ataupun menghayati karya dan pengetahuan tentang ciri-ciri dan bentuk karya seni rupa secara langsung.


Macam/Jenis Karya Seni Rupa


Jenis-jenis karya seni rupa antara lain sebagai berikut:


1.  Seni lukis
Seni lukis adalah hasil curahan cita rasa si pencipta dengan menggunakan unsur karya berupa garis, bidang, warna, tekstur, volume serta ruang dalam bidang dua dimensi. Karya seni lukis dua dimensi bisa mengungkapkan pengalaman atau perasaan si pencipta.
Karya seni rupa dua dimensi yang mirip dengan seni lukis yakni sketsa dan gambar. Sketsa ialah lukisan yang berupa garis ataupun warna secara spontan, cepat, tegas penuh dinamika serta hasilnya memiliki kesan yang unik.

2.  Seni ilustrasi
Kata ilustrasi berasal dari kata berbahasa inggris yakni Illustrare yang artinya menghias, menerangkan atau menjelaskan secara visual dengan gambar. Contohnya ialah gambar ilustrasi pada cover buku pelajaran.

3.  Seni reklame
Reklame berasal dari kata bahasa latin yakni Re dan Clamo yang artinya berteriak berulang-ulang. Tujuannya untuk mempengaruhi, mengajak, menghimbau orang lain, atau propaganda jenis jasa tertentu agar orang lain berkeinginan untuk memiliki serta memanfaatkannya. Seni reklame bersifat komersil atau sosial. Contoh: iklan, spanduk, poster, dll.


4.  Seni Grafik (mencetak)
Suatu karya yang dihasilkan melalui proses cetak-mencetak dengan media klise (alat pencetak) berupa bidang dua dimensi. Teknik grafika (cetak) mempunyai ciri keunikan dan memproduksi dalam jumlah banyak dengan hasil yang sama. Contoh: klise photo, offset dll.

5.  Seni Patung
Seni patung sering disebut seni plastis karena patung memiliki keindahan artistik pada bentuk plastisitas (tonjolan, lekukan, dan rongga). Patung berarti karya cipta seni rupa dengan media karya tiga dimensi. Karya seni tiga dimensi yang bisa mengungkapkan pengalaman atau perasaan si pencipta. Seni patung bentuknya bervolume dapat dihayati dari berbagai arah, corak dan aliran seni patung seperti corak dan aliran dalam seni lukis.

6.  Seni arsitektur
Seni arsitektur adalah cabang seni rupa yang mempunyai keindahan artistik dengan bentuk-bentuk bangun bervolume (tiga dimensi) serta berfungsi praktis ataupun terapan. Contoh: seni bangunan rumah, kantor, jembatan hingga monument.

7.  Seni dekorasi
Seni dekorasi adalah seni rupa pelengkap seni bangun, karya seni yang bertujuan menghias atau meperindah suatu bangunan agar lebih indah, lebih bernilai seni dan nyaman ditempati. Seni dekorasi dibagai menjadi dua yaitu dekorasi interior dan eksterior.

Demikianlah penjelasan tentang macam/jenis-jenis seni rupa lengkap dengan pengertiannya. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+