Blog Archive

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli Lengkap, Jenis-Jenis, Konsep, Ruang Lingkup Ekologi

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli Lengkap, Jenis-Jenis, Konsep, Ruang Lingkup Ekologi - Update artikel terbaru kali ini mtpelajaran.com akan membahas tentang pengertian ekologi, pengertian ekologi menurut para ahli, konsep ekologi, ruang lingkung ekologi, jenis-jenis ekologi, cabang-cabang ekologi, contoh ekologi. Bagi kalian yang sedang mencari rangkuman materi tentang ekologi, berikut ini ulasan lengkap tentang pengertian ekologi dan ruang lingkupnya.

pengertian ekologi
pengertian ekologi

Pengertian Ekologi


Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. Berasal dari kata Yunani oikos ("habitat") dan logos ("ilmu"). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1834 - 1914). Dalam ekologi, makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.

Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor abiotik dan biotik. Faktor abiotik antara lain suhu, air, kelembaban, cahaya, dan topografi, sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. Ekologi juga berhubungan erat dengan tingkatan-tingkatan organisasi makhluk hidup, yaitu populasi, komunitas, dan ekosistem yang saling memengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukkan kesatuan.

Ekologi merupakan cabang ilmu yang masih relatif baru, yang baru muncul pada tahun 70-an. Akan tetapi, ekologi mempunyai pengaruh yang besar terhadap cabang biologinya. Ekologi mempelajari bagaimana makhluk hidup dapat mempertahankan kehidupannya dengan mengadakan hubungan antar makhluk hidup dan dengan benda tak hidup di dalam tempat hidupnya atau lingkungannya. Ekologi, biologi dan ilmu kehidupan lainnya saling melengkapi dengan zoologi dan botani yang menggambarkan hal bahwa ekologi mencoba memperkirakan, dan ekonomi energi yang menggambarkan kebanyakan rantai makanan manusia dan tingkat tropik. Contoh ekologi adalah seperti ekologi air laut, ekologi air tawar, ekologi pertanian, ekologi perkotaan dsb.

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian ekologi menurut beberapa ahli:

Menurut C. Elton

Ekologi adalah ilmu yang meneliti sejarah alam atau perkehidupan alami juga dengan ilmiah.

Menurut Resosoedarmo
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara hidup dan lingkungan.

Menurut Miller (1975)
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme serta dengan satu sama lain dan dengan lingkungan.

Menurut Otto Soemarwoto
Ekologi adalah ilmu mengenaihubungan timbal balik antara hidup dan lingkungan sekitarnya.

Menurut Andrewartha
Ekologi adalah ilmu yang membahas penyebaran dan kelimpahan organisme.

Menurut Eugene P. Odum
Ekologi adalah review alam dan fungsi terstruktur, struktur dan interaksi antara organisme dan lingkungan mereka.

Menurut Krebs
Ekologi adalah ilmu yang meneliti interaksi yang menentukan distribusi dan kelimpahan organisme.



Ruang Lingkup Ekologi


Ruang lingkup ekologi menurut para ahli adalah mempelajari hal-hal seperti berikut:

- Perpindahan energi dan materi dari makhluk hidup yang satu ke makhluk hidup yang lain ke dalam lingkungannya dan faktor-faktor yang menyebabkannya.
- Perubahan populasi atau spesies pada waktu yang berbeda dalam faktor-faktor yang menyebabkannya.
- Terjadi hubungan antarspesies (interaksi antarspesies) makhluk hidup dan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Konsep Ekologi


Hubungan keterkaitan dan ketergantungan antara seluruh komponen ekosistem harus dipertahankan dalam kondisi yang stabil dan seimbang (homeostatis). Perubahan terhadap salah satu komponen akan memengaruhi komponen lainnya. Homeostatis adalah kecenderungan sistem biologi untuk menahan perubahan dan selalu berada dalam keseimbangan.

Ekosistem mampu memelihara dan mengatur diri sendiri seperti halnya komponen penyusunnya yaitu organisme dan populasi. Dengan demikian, ekosistem dapat dianggap suatu cibernetik di alam. Namun manusia cenderung mengganggu sistem pengendalian alamiah ini. Ekosistem merupakan kumpulan dari bermacam-macam dari alam tersebut, contoh hewan, tumbuhan, lingkungan, dan yang terakhir manusia

Baca Juga:
Pengertian Ekosistem Lengkap, Komponen, Macam-Macam, Satuan Makhluk Hidup, Interaksi, Pencemaran


Jenis-jenis (Cabang) Ekologi


Karena sifatnya yang masih sangat luas, maka ekologi mempunyai beberapa cabang ilmu yang lebih fokus, yaitu :

    Ekologi Tingkah Laku
    Ekologi Bahasa
    Ekologi Komunitas dan Sinekologi
    Ekologi Fisiologi
    Ekologi Ekosistem
    Ekologi Evolusi
    Ekologi Global
    Ekologi Manusia
    Ekologi Populasi
    Ekologi Pelestarian
    Ekologi Hewan
    Ekologi Produksi
    Ekologi Purbakala
    Ekologi Sosial
    Ekologi Radiasi
    Ekologi Tumbuhan Penganggu
    Ekologi Lanskap
    Ekologi Molekuler
    Ekologi Robot
    Ekologi Industri
    Ekologi Akuatik
    Ekologi Api
    Ekologi Fungsional
    Ekologi Polinasi
    Ekologi Hutan
    Ekologi Laut
    Ekologi Laut Tropis
    Ekologi Pangan dan Gizi
    Ekologi Hutan Mangrove
    Ekologi Kesehatan
    Ekologi Antariksa
    Ekologi Pedesaan
    Ekologi Serangga
    Ekologi Habitat

Demikianlah ulasan lengkap tentang pengertian ekologi sampai dengan ruang lingkupnya dari Mtpelajaran.com. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+