Blog Archive

Gangguan/Kelainan/Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia Lengkap Dengan Penyebabnya

Gangguan/Kelainan/Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia Lengkap Dengan Penyebabnya - Sistem pencernaan pada manusia dapat mengalami gangguan dan penyakit misalnya karena luka, infeksi virus dan bakteri. Karena itulah pastikan makanan yang akan dimakan harus bersih dan sehat. Kali ini mtpelajaran.com akan membahas tentang contoh gangguan/kelainan/penyakit pada sistem pencernaan makanan.

Gangguan pada sistem pencernaan manusia

Berikut ini beberapa contoh gangguan/kelainan/penyakit pada sistem pencernaan makanan lengkap dengan penyebabnya yang perlu kamu ketahui:

Contoh Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia Lengkap Dengan Penyebabnya


a. Parotitis Epidimika
Penyakit  ini  menyeran  kelenjar ludah  terutama kelenjar parotis. Akibatnya, kelenjar yang  terserang menjadi bengkak, panas, dan nyeri. Parotitis disebabkan oleh sejenis virus yang ditularkan  melalui air ludah.

b. Caries Gigi (Gigi berlubang)
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Bakteri ini dapat mengubah karbohidrat  menjadi asam laktat. Asam inilah yang secara perlahan-lahan dapat melarutkan email dan menimbulkan lubang. Apabila lubang  tersebut telah mencapai  pulpa, gigi akan terasa sakit. Untuk mencegah  penyakit  ini, gosoklah gigi Anda setelah  makan.

c. Maag
Maag merupakan peradangan pada dinding lambung. Peradangan  ini disebabkan oleh produksi HCl yang berlebihan sehingga mengikis dinding lambung. Mag dapat disebabkan karena pola makan  yang tidak teratur.

d. Diare
Diare merupakan penyakit akibat terganggunya proses penyerapan di dalam usus. Akibatnya, kadar  air di dalam feses berlebihan. Diare disebabkan oleh infeksi beberapa bakteri dan virus, misalnya Vibrio cholera.

e. Radang Apendiks (Apendisitis)
Apendisitis adalah peradangan pada apendiks (umbai cacing) akibat infeksi oleh bakteri. Apabila  sisa makanan masuk ke dalam apendiks, makanan tersebut akan busuk dan sulit dikeluarkan. Akibatnya, apendiks akan mengalami peradangan.

Demikianlah pembahasan tentang contoh gangguan/kelainan/penyakit pada sistem pencernaan manusia lengkap dengan penyebabnya. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kamu semua.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+