Blog Archive

Bunyi Hukum Kekekalan Energi Kalor (Asas Black) Lengkap Dengan Rumus dan Contoh Soal

Bunyi Hukum Kekekalan Energi Kalor (Asas Black) Lengkap Dengan Rumus dan Contoh Soal - Hukum kekekalan energi kalor disebut juga dengan Asas Black. Kali ini mtpelajaran.com akan membahas tentang bunyi hukum kekekalan energi kalor/asas black, rumus asas black, contoh soal asas black. Bagaimana bunyi hukum kekekalan energi kalor/asas black ?. Mari simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Bunyi Hukum Kekekalan Energi Kalor/Asas Black

Mungkin kamu pernah mencampur air panas dengan air dingin pada minuman agar bisa segera diminum atau juga pernah mencampur air dingin dengan air panas agar menjadi hangat untuk keperluan mandi. Pencampuran air yang berbeda derajat panasnya akan diperoleh suhu yang sama. Suhu pencampuran diperoleh dari benda yang bersuhu lebih tinggi memberikan kalor kepada benda yang suhunya lebih rendah.

Sebaliknya benda yang bersuhu lebih rendah menerima kalor dari benda yang bersuhu lebih tinggi. Seorang ilmuwan bernama Joseph Black adalah orang yang pertama kali mengungkapkan bahwa Banyaknya kalor yang diberikan sama dengan banyaknya kalor yang diterima. Pernyataan itulah yang dinyatakan sebagai bunyi hukum kekekalan energi kalor atau yang disebut Asas Black.

Jadi bunyi hukum kekekalan energi kalor atau bunyi Asas Black adalah "Banyaknya kalor yang diberikan sama dengan banyaknya kalor yang diterima".

Rumus Asas Black

Jika banyaknya kalor yang diberikan dinyatakan dengan Q1 dan banyaknya kalor yang diterima dinyatakan dengan Q2, maka dapat disimpulkan bahwa rumus asas black adalah sbb:

Rumus dan Bunyi Hukum Asas Black (Hukum Kekekalan Energi Kalor) serta Contoh Soal Asas Black
Rumus Asas Black

Contoh Soal Asas Black 

Setelah mengetahui bunyi hukum kekekalan energi kalor atau asas black dan rumusnya, mari kita lihat contoh soal tentang asas black ini yaitu seperti berikut ini:

Seorang ibu memandikan bayinya dengan air hangat. Ia mencampurkan air panas dengan air dingin. Air panas sebanyak 5 kg dengan suhu 80°C. Air dingin sebanyak 10 kg dengan suhu 20°C. Berapakah suhu akhir dari air hangat yang digunakan ibu itu ?

Jawab:
– Diketahui:
– Suhu akhir campuran                         = Ta
– Kalor air mendidih                             = Q1
– Massa air mendidih                           = m1 = 5 kg
– Perubahan suhu air mendidih (DT1) = 80 – Ta
– Kalor jenis air mendidih                    = cair
– Maka banyaknya kalor air mendidih = Q1 = m1.cair.DT1
– Kalor yang diterima air dingin          = Q2
– Massa air dingin                               = m2 = 10 kg
– Perubahan suhu air dingin (DT2)     = Ta – 20
– Kalor jenis air dingin                        = cair
– Maka banyaknya kalor air dingin     = Q2 = m2.cair.DT2

Berdasarkan rumus asas Black dapat dihitung sbb:
 



Demikianlah pembahasan lengkap tentang bunyi hukum kekekalan energi kalor/asas black lengkap dengan rumus dan contoh soalnya. Semoga materi diatas bermanfaat untuk kamu semua.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+