Blog Archive

Jelaskan Proses Pencernaan Makanan Dari Mulut Sampai Anus Singkat dan Lengkap + Jawaban

Proses Pencernaan Makanan Dari Mulut Sampai Anus Singkat dan Lengkap - Mungkin kamu pernah menemui soal biologi seperti ini: jelaskan proses pencernaan makanan dari mulut sampai anus, bagaimana proses pencernaan makanan didalam mulut, jelaskan proses pencernaan makanan dari mulut sampai usus halus/besar, bagaimana proses pencernaan makanan dilambung ?. Disini mtpelajaran.com akan memberikan jawaban lengkap atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Jelaskan Proses Pencernaan Makanan Dari Mulut Sampai Anus
Jelaskan Proses Pencernaan Makanan Dari Mulut Sampai Anus

Jelaskan proses pencernaan makanan dari mulut sampai anus singkat dan lengkap ?


Jawaban:
Berikut ini adalah urutan proses masuknya makanan dari mulut sampai ke anus dalam sistem pencernaan manusia:

1. Proses menelan

Mulut adalah awal dari saluran pencernaan. Proses pencernaan makanan dimulai sesaat setelah gigitan pertama pada makanan. Kelenjar air liur akan memproduksi air liur untuk membantu memperhalus makanan saat proses mengunyah makanan menjadi bagian yang lebih kecil. Enzim yang terdapat pada air liur juga akan mulai mencerna karbohidrat menjadi lebih kecil agar dapat diserap oleh usus. Kemudian makanan yang sudah halus akan didorong ke belakang mulut oleh lidah menuju esofagus atau kerongkongan. Gerakan peristaltik dari otot halus kemudian membawa makanan menuju lambung di perut.

2. Proses pencernaan pada lambung

Lambung akan menampung makanan lalu menghancurkan dan penghalus makanan. Perut akan menghasilkan asam dan enzim yang akan melanjutkan proses pencernaan makanan. Di dalam lambung inilah proses pencernaan protein dimulai. Keluar dari perut, makanan akan memiliki tekstur cair atau menyerupai pasta yang lembut yang kemudian akan bergerak ke usus halus.

3. Pencernaan dan penyerapan pada usus halus

Di dalam usus halus, makanan akan kembali diproses dengan enzim pencernaan yang diproduksi pankreas, dinding usus halus, dan cairan empedu dari kantong empedu. Ketiganya akan bekerja bersama-sama untuk menyelesaikan pencernaan makanan agar menjadi unit-unit kecil yang bisa diserap ke dalam pembuluh darah usus. Enzim pencernaan secara kimiawi akan memecah molekul makanan kompleks menjadi lebih sederhana, kemudian cairan empedu membantu proses pencernaan mekanis yang memecah lemak sehingga menjadi partikel yang lebih kecil. Proses pencernaan selesai ketika makanan melalui usus duabelas jari. Selanjutnya adalah proses penyerapan makanan.

Penyerapan makanan umumnya terjadi dalam usus halus jejunum dan ileum. Di sana  terdapat banyak lipatan atau disebut jonjot-jonjot usus (vili). Vili memiliki fungsi memperluas permukaan penyerapan, sehingga makanan dapat terserap dengan lebih efisien. Molekul makanan akan memasuki aliran darah melalui dinding usus selama prose penyerapan makanan. Kemudian hasil pencernaan makanan berupa protein dan karbohidrat ini akan diserap oleh pembuluh darah mikroskopik / kapiler, sedangkan lemak akan diserap oleh pembuluh getah bening dalam vili. Proses selanjutnya adalah aliran darah akan membawa makanan yang sudah dicerna menuju ke hati. Sel-sel hati kemudian akan menyaring zat-zat berbahaya dalam darah dan menyimpan vitamin larut dalam lemak serta nutrisi yang berlebihan, seperti glukosa untuk disimpan sebagai cadangan. Cadangan nutrisi ini akan dilepaskan ketika tubuh memerlukan energi tambahan.

4. Penyerapan pada usus besar

Hasil sisa pencernaan yang masuk ke dalam usus besar sebagian besarnya adalah sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna atau diserap dan air. Pada tahap ini, usus besar akan menyerap air dan mineral dari sisa makanan tersebut sehingga sisa makanan menjadi lebih padat dan membentuk tinja. Akhirnya gerak peristaltik akan mendorong tinja menuju rektum hingga dikeluarkan melalui anus.

Itulah jawaban dari pertanyaan Jelaskan proses pencernaan makanan dari mulut sampai anus singkat dan lengkap. Untuk jawaban dari pertanyaan bagaimana proses pencernaan makanan dari mulut sampai usus halus/besar juga sama seperti diatas. Untuk jawaban dari pertanyaan bagaimana proses pencernaan di mulut/lambung, kamu juga bisa melihat jawaban diatas pada poin pertama dan kedua. Semoga jawaban diatas bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+