Pengertian Bela Negara dan Penjelasannya Lengkap

Pengertian Bela Negara dan Penjelasannya Lengkap - Update artikel terbaru kali ini mtpelajaran.com akan memberikan informasi tentang apa itu arti bela negara, pengertian bela negara, bela negara adalah. Tahukah anda apa arti bela negara itu ?. Membela negara sangat perlu kita lakukan karna negara dalam proses terbentuknya negara memiliki sejarah yang sangat panjang untuk menjadi setiap warga negara memiliki hak dan kewajibannya yang dijamin dalam peraturan perundang-undangan, salah satunya yang diatur dalam pasal 27 ayat 3 UUD 1945 tentang pembelaan negara. Apa hak dan kewajibanmu sebagai siswa dalam upaya pembelaan negara.

Kemerdekaan bukanlah tujuan akhir dari perjuangan bangsa. Kemerdekaan yang diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945 menunjukkan bahwa rakyat Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan perjuangan bangsa.
Berbagai ancaman terhadap kedaulatan negara indonesia Indonesia yang baru mereka datang dari Belanda yang masih memiliki keinginan menguasai negara indonesia Ikut sertanya rakyat indonesia dalam perjuangan bersenjata didorong oleh rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air sehingga pengorbanan yang mereka berikan sebagai perwujudan tanggung jawabnya bukan karena paksaaan. Tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang didasari kecintaannya terhadap tanah air.

Itulah yang disebut bela negara sebagaimana tercantum dalam UU No. 20 Tahun 1982 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pertahanan Keamanan Negara. Jadi Bela negara adalah tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu, dan berkelanjutan yang dilandasi oleh kecintaan tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, serta keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan untuk berkorban guna meniadakan ancaman baik dari dalam negeri kedaulatan negara, kesatuan dan persatuan bangsa, keutuhan wilayah, dan hukum nasional, serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
                
Demikianlah ulasan lengkap tentang arti bela negara yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Tags:
arti bela negara, pengertian bela negara, bela negara adalah
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+