Blog Archive

Pengertian, Keunikan, Ciri-Ciri, Fungsi Hutan Hujan Tropis di Indonesia Lengkap

Pengertian, Keunikan, Ciri-Ciri, Fungsi Hutan Hujan Tropis di Indonesia Lengkap - Update artikel terbaru kali ini Mtpelajaran.com akan membahas tentang pengertian hutan hujan tropis, keunikan hutan hujan tropis di indonesia, ciri-ciri hutan hujan tropis, fungsi hutan hujan tropis di indonesia. Sebagian besar hutan alam di Indonesia termasuk dalam hutan hujan tropis. Pengertian Hutan hujan tropis adalah hutan yang memiliki keanekaragaman tumbuhan yang sangat tinggi, atau hutan dengan pohon-pohon yang tinggi, iklim yang lembap dan curah hujan yang tinggi.

Pengertian, Keunikan, Ciri-Ciri, Fungsi Hutan Hujan Tropis di Indonesia Lengkap

Ciri ciri hutan hujan tropis sendiri terletak di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara, Australia bagian Utara, Afrika, Kepulauan Pasifik, Amerika Tengah dan sebagian Amerika Selatan. Wilayah Indonesia menjadi salah satu wilayah yang menjadi tempat hutan hujan tropis tersebut. Hutan hujan tropis ini berada di wilayah dengan curah hujan 2.000-11.000 mm pertahun, dengan rata-rata suhunya 25 derajat celcius. Berikut ini ulasan lengkap tentang ciri-ciri hutan hujan tropis, fungsi hutan hujan tropis dan keunikan hutan hujan tropis di indonesia:

Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis di Indonesia


Berikut ini ciri-ciri hutan hujan tropis di Indonesia:

- Curah hujan yang terjadi di hutan ini cukup besar dengan intensitas yang deras setiap tahunnya.
Hutan hujan tropis berada di kawasan tropis yang mendapatkan sinar matahari yang cukup banyak dengan curah hujan yang tinggi.

- Memiliki keanekaragaman hayati baik berupa hewan maupun tumbuhan yang sangat banyak. Bahkan dapat dikatakan jenis keanekaragaman makhluk hidup di hutan hujan tropis ini sangat banyak dan sangat beraneka ragam.

- Hutan ini memiliki kanopi yaitu penutup di bagian atas hutan ini yang terbuat dari penumpukan ranting dan dahan pohon-pohon yang saling menyilang sehingga berbentuk seperti tudung.

- Ada banyak habitat hewan seperti jenis katak, burung, kadal, kucing dan monyet hidup di kanopi hutan ini.Tanah dibawah kanopi yang berada di hutan ini umumnya gelap, lembap dan basah. Namun, permukaan tanah tersebut menjadi tempat pembusukan yang sangat baik sehingga nutrisi dan unsur hara di hutan ini selalu tersedia dengan baik. Karena itulah, tumbuhan dan pepohonan di hutan ini dapat tumbuh dengan subur dan rindang.

- Iklim yang terdapat pada hutan ini basah dengan curah hujan yang merata. Terdapat bermacam-macam jenis tanah di dalam hutan ini.

- Mayoritas tumbuhan yang bisa ditemukan di hutan ini adalah tumbuhan berbatang kurus yang tidak memiliki banyak cabang dan berkulit tipis, serta pepohonan berkayu dengan ketinggian di atas rata-rata pohon yang tumbuh di hutan-hutan selain hutan hujan tropis. Tumbuhan yang terdapat dihutan ini kebanyakan adalah pohon-pohon yang dapat diambil getahnya sepanjang tahun

Fungsi Hutan Hujan Tropis di Indonesia


Berikut ini fungsi hutan hujan tropis di indonesia:

- Hutan hujan tropis merupakan surga bagi tumbuhan dan binatang liar, sekaligus menjadi tempat berlindung bagi satwa yang terancam punah. Beberapa hewan liar hanya bisa bertahan hidup di hutan hujan memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah mencegah erosi, mencegah kekeringan dan menyediakan sumber air, melindungi dari terpaan angin kencang atau mengurangi resiko terjangan badai, menghasilkan kayu hasil hutan, menjaga keseimbangan iklim dan sebagainya.

- Hutan hujan tropis menyerap CO2 (karbon dioksida) yang ada di atmosfer dan mengeluarkannya sebagai O2 (oksigen) untuk dihirup mansuia dan hewan. Tanah pertanian di sekitar hutan hujan senantiasa subur. Selain karena menghasilkan humus, hutan hujan menjaga iklim dari perubahan suhu udara yang signifikan. Jika di daerah yang tidak memiliki hutan hujan, maka perubahan cuaca akan terasa menyengat sehingga tanaman tidak bisa sesubur di hutan hujan. Hewan-hewan tidak bisa bereproduksi dengan baik seperti di hutan hujan. Di negara-negara yang beriklim selain tropis, perubahan iklim yang mendadak bisa menyebabkan kematian pada banyak spesies.

Keunikan Hutan Hujan Tropis di Indonesia


Berikut ini adalah keunikan hutan hujan tropis pesisir dan laut Indonesia :
   
- Hutan hujan tropis yang ada di Indonesia unik karena keanekaragaman spesies flora fauna yang terdapat di dalamnya. Jumlah spesies pohon yang ada di daerah hutan hujan tropis lebih banyak daripada spesies pohon di daerah lainnya. Seperti salah satu jenis jenis hutan di Kalimantan memiliki lebih dari 40.000 spesies tumbuhan yang merupakan hutan terbanyak spesiesnya di dunia.

- Hutan hujan tropis di pesisir laut Indonesia merupakan hutan hujan tropis yang berada di lapisan atmosfer dengan ketinggian rendah yaitu zona 1 yang merupakan hutan hujan bawah karena letaknya di daerah dengan ketinggian 0 – 1.000 m dari permukaan lain. Zona hutan hujan bawah berada di Sumatra, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara, Irian, Sulawesi, dan Maluku. Spesies pohon yang terdapat di sana banyak yang dari family Dipterocarpaceae. Selain itu hutan hujan bawah di Jawa dan Nusa Tenggara memiliki pohon dari genus Altingia, Bischofia, Castanopsis, Ficus, dan Gossampinus, serta family Leguminosae. Sedangkan yang ada di Sulawesi, Maluku dan Papua merupakan hutan dengan spesies pohon Plaquium spp, Pometia pinnata, Intsia spp, Diospyros spp, Koordesiodendron pinnatum, dan Canarium spp.
   
- Jadi keunikan hutan hujan tropis pesisir di Indonesia terletak pada kekayaan spesies yang ada di Indonesia sehingga kita harus memiliki cara mejaga kelestarian hutan. Jenis pohon yang ada di hutan hujan tropis Indonesia tergolong lebih banyak daripada hutan hujan tropis di beberapa negara lainnya. Memang salah satu ciri dari hutan hujan tropis sendiri adalah vegetasi yang beraneka jenis. Di Indonesia sendiri pohonnya bisa mencapai 50 meter dengan daun yang berwarna hijau sepanjang tahun.

Demikianlah ulasan lengkap tentang keunikan, ciri-ciri, fungsi hutan hujan tropis di indonesia lengkap dari Mtpelajaran.com. Semoga bermanfaat!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+